5 Cara Mengatasi Pencemaran Air

5 Cara Mengatasi Pencemaran Air –¬†Air adalah unsur bumi yang harus dijaga kelestariannya. Karena jika seluruh air kotor, dijamin tidak akan ada kehidupan di bumi. Maka dari itu, jaga air tetap bersih dan berlimpah. Dan jangan mencemarinya dengan sampah.

Air memiliki fungsi penting bagi manusia. Selain untuk diminum dan memasak, air juga bisa difungsikan sebagai energi listrik. Bahkan, air menjadi ekosistem bagi hewan-hewan tertentu.

Baca Juga : Pengertian Pencemaran air

Jika air sudah tercemar, dia akan kehilangan fungsinya. Tidak bisa dijadikan sarana mandi apalagi diminum. Bahkan dengan pencemaran air, ikan-ikan menjadi ter-kontaminasi racun.

Nah, setelah membaca narasi diatas. Tentu kita sepakat kalau air harus terhindar dari pencemaran. Atas dasar itulah, berikut ini akan kami jelaskan cara mengatasi pencemaran air.

Cara Mengatasi Pencemaran Air

  1. Tidak Membuang Sampah ke Sungai

Membuang sampah ke sungai, hanya membuat air tercemar. Pasalnya, ketika sampah terkena sinar matahari, zat negatif-nya menguap dan sebagian menyatu dengan air. Sehingga, air sungai menjadi berbau. Karena air sungai sudah terkontaminasi zat jahat, maka dia tidak bisa lagi dibuat mandi dan mencuci.

  1. Tidak Mengubur Sampah Plastik

Mengubur sampah plastik bisa merusak air tanah. Sehingga, orang yang menggunakan air tanah sebagai fasilitas sehari-hari, sudah tidak bisa menggunakannya lagi. Karena airnya keruh dan berbau. Hal ini disebabkan oleh, sampah plastik tidak bisa diurai oleh zat tanah dan cacing. Akhirnya, sampah mengeluarkan racun yang masuk ke tanah lewat bantuan hujan.

  1. Menghindari Pembangunan Pemukiman di Bantaran Sungai

Membangun perumahan di sekitar sungai, selain beresiko terkena banjir, Air sungai juga kotor. Karena dimungkinkan, sampah perumahan akan dibuang kesana. Bukan itu saja, pembangunan perumahan membuat jalur sungai sempit. Sehingga air sungai meluap ketika musim hujan.

  1. Jadikan Limbah Sebagai Bahan Baku Daur Ulang.

Tidak bisa dipungkiri, limbah pabrik adalah benda yang membuat air tercemar. Maka dari itu, jangan buang limbah secara sembarangan. Jika bisa didaur ulang, lebih baik daur ulang limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat

  1. Rutin Kerja Bakti Membersihkan Saluran Air

Cara mengatasi pencemaran air yang terakhir adalah rutin kerja bakti. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan selokan dan sungai dari sampah. Jika anda melakukannya satu minggu sekali saja, dijamin saluran air akan bersih dan bening.

Baca Juga :

Itulah 5 cara mengatasi pencemaran air yang mudah dilakukan. Mari rapatkan barisan untuk menjaga ekosistem lingkungan tetap sehat. Termasuk ekosistem air.

Updated: Januari 29, 2019 — 2:18 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018