Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Gurame Jantan dan Betina –  Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Dibandingkan dengan jenis ikan lain, gurame memiliki cukup banyak peminat yang menjadikan ikan gurame sebagai konsumsi yang menyehatkan. Ikan gurame yang biasa dikonsumsi umumnya adalah jenis ikan gurame angsa, meskipun ada banyak jenis ikan gurame lain yang juga dapat dikonsumsi.

Pada budidaya ikan gurame, perlu untuk mengetahui apakah ikan gurame yang sedang dibudidayakan adalah jantan atau betina. Untuk membedakannya, ikan gurame dapat dibedakan melalui bentuk tubuh dan sifatnya.

Untuk ikan gurame jantan, biasanya ikan memiliki tubuh yang lebih ramping dengan bagian kepala yang menonjol. Bagian perut ikan gurame jantan memiliki bentuk yang meruncing.

Ditinjau dari sisiknya, gurame jantan memiliki sisik normal berwarna kehitaman. Gerakan ikan gurame jantan juga lebih lincah dan agresif dibandingkan dengan ikan gurame betina.

Selain itu, cara yang paling mudah untuk melihat jenis kelamin gurame adalah dengan mengecek bentuk organ reproduksinya. Gurame jantan memiliki organ reproduksi yang berbentuk runcing.

Untuk ikan gurame betina, biasanya memiliki bentuk tubuh yang membulat dengan bagian kepala tidak menonjol. Bagian perut dari ikan gurame betina juga berbentuk bulat.

Ikan gurame betina biasanya memiliki sisik yang lebih terbuka dan berwarna putih / krem. Gerakan ikan gurame betina juga lebih lambat dibandingkan dengan ikan gurame jantan. Terakhir, cara pengecekan jenis kelamin ikan gurame betina adalah mengecek apakah organ reproduksinya berbentuk oval.

Setelah mengetahui jenis kelamin ikan gurame, barulah pembudidaya siap untuk melakukan pemijahan. Pemijahan umumnya dilakukan saat ikan sudah berusia 4 tahun dan memiliki berat sekitar 2-3 kg. Untuk pemilihan ikan yang ideal, sebaiknya dipikih ikan gurame betina berbobot 2.5 kg dan ikan gurame jantan yang lebih besar dari ikan gurame betina.

Baca Juga :

Pilihlah ikan gurame betina yang memiliki perut sedikit lebih gendut. Hal ini menunjukan bahwa ikan gurame betina tersebut mengandung telur. Pemijahan sendiri idealnya dilakukan dengan perbandingan 1 : 3-4 ekor untuk induk jantan : induk betina.

Updated: Januari 30, 2019 — 6:57 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018