Ciri Dan Jenis Pembuluh Nadi

Ciri Dan Jenis Pembuluh NadiPengertian Pembuluh nadi atau yang juga disebut pembuluh arteri merupakan salah satu dari dua pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita. Pembuluh darah berotot ini berperan sebagai pembawa darah ke jantung.

Ciri Pembuluh Nadi

Hal pertama yang dapat dilihat dari pembuluh nadi ialah lapisan dinding yang dimilikinya. Dinding pembuluh nadi ini tersusun dari tiga lapis, yaitu lapisan luar yang elastis, lapisan tengah berupa sel-sel otot polos, dan lapisan dalam yang terdiri atas selapis sel yang berdinding tipis.

Dinding pembuluh nadi yang kuat dan elsastis ini membantu penyaluran darah ke seluruh tubuh dengan cara memberikan tenaga pemompa jantung. Karena itulah, pembuluh nadi dapat digunakan untuk memeriksa tekanan darah seseorang karena pemompaan jantung tersebut memerikan tekanan di sepanjang pembuluh yang dilaluinya sehingga membuat denyutan.

Ciri lain dari pembuluh nadi ini ialah darah yang dibawanya merupakan darah bersih atau darah yang mengandung banyak oksigen. Darah bersih tersebutlah yang nantinya akan disalurkan ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi juga memiliki sebuah katup yang letaknya di dekat atau di luar jantung. Selain itu, pembuluh nadi akan memancarkan darah ke luar tubuh apabila terluka.

Jenis Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi yang tersebar di seluruh tubuh ini tentunya memiliki beberapa jenis. Jenis pembuluh nadi ini ialah arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis atau yang juga dikenal sebagai nadi paru-paru ini merupakan pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Karena itulah, dalam pembuluh nadi ini dapat ditemukan banyak kandungan karbondiaksida yang nantinya akan dilepaskan ke paru-paru.

Jenis kedua dari pembuluh nadi ialah arteri sistemik yang berfungsi mengantar darah ke arteriol setelah itu ke pembuluh kapiler di mana terjadi penukaran oksigen.

Selanjutnya ialah pembuluh aorta yang merupakan pembuluh terbesar yang ada dalam tubuh dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen.

Jenis pembuluh nadi yang paling kecil ialah arteriol yang mana berhubungan dengan pembuluh kapiler.Jenis terakhir dari pembuluh nadi ialah pembuluh kapiler yang merupakan tempat pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam sistem sirkulasi. Pembuluh kapiler inilah yang menghubungkan cabang-cabang pembuluh dengan sel-sel tubuh.

Updated: Februari 4, 2019 — 4:29 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018