Kekurangan dan Kelebihan Edmodo 

Kekurangan dan Kelebihan Edmodo – Pada artikel kali ini kita akan membahas suatu topic yang berjudul Kekurangan dan Kelebihan Edmodo.

Sebelumnya, apakah kalian sudah mengetahui apa itu Edmodo? Jika belum maka bacalah artikel ini dengan seksama.

 

Pengertian Edmodo

Edmodo adalah sebuah platform media pembelajaran yang menjadi perantara Antara murid, guru dan orang tua para murid tersebut. Edmodo sendiri merupakan sebuah platform yang menawarkan pembelajaran berbasis E-Learning. Gampangnya, sistem pembelajaran berbasis E-Learning yang ditawarkan Edmodo ini adalah cara pembelajaran secara tidak langsung karena melalui virtual dan kita bisa menentukan waktu belajar kapanpun yang kita inginkan karena sifatnya yang fleksibel.

Edmodo ini berbasis seperti jejaring sosial layalknya twiter atau facebook dimana para membernya disana bisa berbagi seputar catatan, bertukar pikiran atau informasi seputar pendidikan dan lainnya. Dan perlu kalian ketahui bahwa Edmodo ini didirikan oleh 3 orang pendiri, yaitu Nic Borg, Jef O’hara dan Crystal Hutter.

Kelebihan Edmodo

Berikut ini adalah kelebihan dari Edmodo :

  • Dengan adanya Edmodo akan mempermudah jarkom (jaringan komunikasi) seperti berita atau pengumuman khususnya dari guru kepada murid yang tergabung dalam suatu grup.
  • Bisa sebagai media untuk mengadakan tes atau ujian secara online
  • Melalui Edmodo juga bisa digunakan sebagai bimbingan konseling atau konsultasi dari guru kepada murid untuk memecahkan masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh murid dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Disukusi bisa melalui virtual dan dilakukan secara online dengan instruksi dan pengarahan guru kepada seluruh siswa.
  • Sistem E-learning yang digunakan bersifat fleksibel dan akan memangkas biaya transportasi, tenaga dan lainnya.
  • Dapat mengirimkan gambar/foto, video bahkan link sebagai referensi tambahan mengenai topic yang dibahas.

Kekurangan Edmodo

Berikut kekurangan dari Edmodo :

  • Tidak adanya privasi antara satu siswa dengan siswa lain dikarenakan fitur pesan hanya tersedia dari siswa kepada guru saja atau sebaliknya.
  • Dikarenakan berbasis virtual, problem utama yang sering dihadapi adalah koneksi internet dari masing-masing murid atau bahkan juga guru.
  • Masih dalam tahap perkembangan/beta.

Demikian pembahasan mengenai Kekurangan dan Kelebihan Edmodo.

Apakah anda salah satu bagian dari pengguna Edmodo?

Updated: Februari 8, 2019 — 2:30 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018