AGUNGQQ Agen DominoQQ, BandarQ, Capsa Susun, QQ Online Terpercaya di Indonesia

Macam, Jenis Dan Contoh Sumber Air

Macam, Jenis Dan Contoh Sumber Air – Melalui artikel ini kami akan membahas tentang macam, jenis, dan contoh sumber air sebagai informasi pengetahuan alam untuk diketahui bersama – sama.

Air tanah mencakup semua jenis air yang letaknya di bawah lapisan tanah. Mampu menyumbang sekitar 0,6 persen keseluruhan jumlah air di permukaan bumi ini. Kondisi inilah yang menyebabkan air tanah keberadaannya menjadi lebih banyak dibandingkan dengan air sungai dan air danau.

Macam, Jenis Dan Contoh Sumber Air

Macam, Jenis Dan Contoh Sumber Air

Air tanah dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu air tanah dangkal dan air tanah dalam.

Baca Juga :

Secara garis besar masyarakat di pedesaan lebih suka dan sering memanfaatkan air tanah dangkal guna membuat sumur dengan kedalaman tertentu. Rata – rata kedalaman air tanah dangkal adalah berkisar antara 9 s/d 15 meter diukur dari bahwa permukaan tanah dimana volume air tidak sebanyak air tanah dalam, namun mampu mencukupi semua keperluan seperti untuk mencuci, mandi dan air bersih guna diminum.

Selanjutnya adalah air permukaan terbagi ke dalam 3 jenis yaitu :

1. Air Sungai

Adalah salah satu jenis air permukaan bumi yang rentan mengalami kekotoran dalam jumlah cukup tinggi. Sering dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan irigasi, transportasi, dan pemenuhan kebutuhan manusia yang lainnya. Karena derajat pengotoran air dalam jumlah sangat besar maka jarang air sungai digunakan sebagai air bersih untuk diminum kecuali pada bagian hulu dan wajib melewati beberapa proses pengolahan yang sempurna hingga aman untuk dikonsumsi.

2. Air Danau / Telaga

Air permukaan mengalir menuju ke sebuah cekungan untuk selanjutnya membentuk sebuah telaga berukuran besar yang disebut dengan nama danau, dimana apabila cekungan tanah terjadi dalam skala besar disebut dengan danau tetapi jika hanya skala kecil saja maka terbentuklah sebuah telaga.

Pada umumnya danau memiliki sumber mata air dari hulu sungai – sungai besar ataupun mata air murni untuk danau yang letaknya di dataran tinggi memiliki aliran air keluar menuju ke daerah yang memiliki sungai dalam jumlah banyak.

3. Air Laut

1/3 luas Bumi merupakan lautan dimana memiliki zona laut adalah terluas di permukaan bumi, dan masing – masing orang pastilah sudah mengetahui laut !

Laut adalah penyumbang air terbesar di Bumi ini namun rasa air laut sangat asin. Meskipun rasanya asin namun banyak sumber air di permukaan bumi ini berasal dari laut dimana oleh lapisan tanah disaring sehingga rasa airnya tidak seasin ketika air ini berada di laut.

Selain ketiga jenis air tersebut di atas, pada permukaan Bumi dikenal juga jenis air yang disebut dengan nama air angkasa adalah air yang berasal dari udara / atmosfer lalu jatuh ke permukaan Bumi. Nah menurut bentuknya, air angkasa ini terbagi menjadi : air hujan, air salju, dan air es.

Pengelompokan Air Tanah Menurut Sumber Air

Berdasarkan atas letaknya, sumber air (tanah) dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain :

  1. Air Tanah Freatik adalah air tanah dangkal yang lokasinya berada tak jauh dari permukaan tanah.
  2. Air Tanah Dalam / Artesis adalah air tanah yang terletak dibagian bawah lapisan tanah kedap air  yaitu berlokasi sekitar kedalaman antara 80 meter hingga 300 meter dari permukaan tanah. Dimana untuk memperoleh air ini harus menggunakan pompa air.
  3. Air Tanah Meteorit / Vados. Adalah air tanah yang berasal dari air hujan sebelum terjadinya proses ‘kodensi’ air pada atmosfer yang tercampur dengan debu – debu meteor.
  4. Air Tanah Magma / Juvenil adalah air yang terjadi melalui proses kimia di dalam tanah karena pengaruh ‘intrusi’ terhadap magma pada kedalaman tertentu. Lokasi sumber air ini adalah berdekatan dengan gunung berapi atau dapur magma yang kadang – kadang mengandung kadar belerang dalam jumlah cukup besar.
  5. Air Konat / Tersengkap adalah air tanah yang kondisinya terjebak di antara atau dalam lingkaran bebatuan selama ratusan tahun hingga jutaan silam sehingga air jenis ini dikenal dengan istilah air purba. Mengandung kadar garam lebih tinggi daripada air laut dicampur dengan senyawa / mineral dari bebatuan yang mengelilinginya dalam jangka waktu yang cukup lama menyebabkan air ini rasanya kurang enak untuk diminum.

Demikianlah kami menjelaskan tentang pengelompokan air disertai dengan macam, jenis dan contoh sumber air guna menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat !

Updated: November 10, 2018 — 3:09 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018