Pengertian Seni Tari

Pengertian Seni Tari – Untuk dapat mengkaji pengertian seni tari secara utuh, ada baiknya kita merujuk artiannya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). ‘Seni tari’ merupakan sebuah kelompokan kata yang terdiri dari dua kata, yaitu ‘seni’ dan ‘tari’. Dalam KBBI, artian ‘seni’ adalah keahlian membuat karya yang bermutu.

Selanjutya, ‘tari’ dalam kamus KBBI dinyatakan sebagai gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, dan biasanya diiringi oleh bunyi-bunyian (musik dan sebagainya).

Melihat takrifan yang kita dapati dari KBBI terhadap kedua kosakata tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seni tari adalah sebuah hasil atau pembuatan karya yang memiliki mutu dengan menggunakan gerakan badan berirama yang diiringi bebunyian.

Selebihnya, artiannya dari pakar-pakar dan ahli yang ranahnya berada dalam seni tari merupakan sebuah masukan yang penting untuk dapat menggengam pengertian yang lebih merujuk.

Namun, sebelum masuk kedalam bahasan serupa ada baiknya kita telusik dahulu apa yang Aristoteles ungkapkan menurut seni tari: “Seni tari adalah gerak ritmis yang dapat menghadirkan karakter manusia saat mereka bertindak”. Ungkapan dari Aristoteles perihal karakter manusia ini dapat dijadikan alasan jikalau ada perbedaan takrif dari parah ahli, mengingat karakter manusia itu beragam dan unik.

Mengutip Dr. Soedarsono, “Tari merupakan ekspresi jiwa manusia melalui gerak-gerak ritmis yang estetis.” Dari penjelasan yang dilepas oleh Dr. Soedarsono, hal baru yang tidak kita dapati dengan sekedar merujuk pada KBBI adalah adanya konsep ‘ekspresi’ dan ‘jiwa manusia’.

Seni tari merupakan sekelempokan gestur ritmis yang digunakan untuk berkomunikasi meski tanpa kata-kata. Itulah sebabnya beliau mengangkat konsep ekspresi, pun juga adalah alasan dari adanya konsep ‘jiwa manusia’–karena tanpa kata-kata, namun tetap membungkus pesan.

Sedikit berbeda pesannya jika dihadapkan dengan pengertian yang dilandaskan oleh John Weaver, seorang master seni bela diri balet yang berasal dari negara Inggris.

Menurut beliau, seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegan, dibungkus dengan harmoni dalam sikap yang elok, sembari menawan postur tubuh yang anggun. Dapat dirasakan sangkut pautnya ucapan Aristoteles dalam memahami perbedaan pengertian ini.

Weaver, sebagai seorang yang mendalami tarian balet, tentu menyodorkan pengertian yang cukup sependar dengan sifat-sifat tarian balet itu sendiri. ‘Anggun dan menawan’–sangatlah berirama balet, ini menjelaskan konsep ekspresif yang ditamengkan oleh Aristoteles sebelumnya.

Demikianlah pengertian umum dan juga beberapa pengertian khusus–yang dikutip dari beberapa ahli atau pakar dalam bidang seni tari itu sendiri.

Baca Juga :

Tari merupakan sebuah ungakpan perasaan manusia yang ditumpahkan melalui media gerak ritmis tubuh yang diiringi dengan bebunyian, sebuah media untuk berkomunikasi tanpa kata-kata.

Updated: Januari 24, 2019 — 4:46 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Seo Murah dan Bergaransi © 2018